Selasa, 12 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-2

DEBBY CHINTYA AP (22213085)

NUNGKY R. ANGGRAINI (26213576)

WINDA MERYETA P (29213324)
  1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI ?
Faktor poduksinya adalah :
1.      Modal : Modal adalah hal yang paling penting untuk mendirikan UKM
2.      Tenaga kerja : setelah memiliki modal kita haus mempunyai tenaga kerja untuk membantu segala kegiatan yang ada di UKM , tenaga kerja yang profesional akan menghasilkan barang atau jasa yang baik juga nantinya.
3.      Ide metode yang kreativ dan inovativ: sebelum mendirikan UKM kita harus memiliki konsep.ide,visi,misi,dan cara-cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan UKM
                             
  1. BERILAH MASING – MASING  SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT ?
Jenis letak dan lokasi perusahaan adalah:
1. Letak/lokasi perusahaan terikat pada alam: letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh      sumber-sumber daya alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia ,contohnya: usaha pertanian,pertambangan.
 2. Letak/lokasi perusahaan berdasarkan sejarah : Letak perusahaan ini aja dapat dijelaskan dengan adanya sejarah dilokasi ,contoh : kerajinan batik didaerah surakarta dan yogyakarta.
 3. Letak/lokasi perusahaan berdasarkan pemerintah: dalam hal ini pemerintahlah yang menetukan dimana perusahaan harus menjalankan aktivitasnya .
 4. Letak/lokasi perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi pada umumnya perusahaan seperti ini adalah industri,yang harus mempertimbangan faktor-faktornya.
 5. Letak/lokasi perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan : Letak perusahaan yang memperhatikan hubungan dan pergaulan konsumennya (selera)

  1. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan perusahaan didirikan adalah :
1 . Tujuan ekonomi : laba – pelanggan – pengembangan kebutuhan masyarakat dlm hal produk – kualitas,harga,kuantitas,waktu pelayanan kegunaan – inovatif berkesinambungan – copetitive advantage dan comparative advantage. Dan dapat juga sebagai upaya perusahaan mempertahankan eksistensi nya, dengan contoh: menciptakan laba, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, kuantitas dan sebagainya.
      2 . Tujuan social : perusahaan memerhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia factor-faktor produksi dan masyarakat secara luas seperti memberi kepuasan kepada konsumen atau pelanggan.

  1. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN ?


·         Lingkungan internal

berbagai hal atau pihak yang terkait langsung dengan kegiatan sehari hari organisasi, dan mempengaruhi langsung terhadap setiap program, kebijakan, hingga “denyut nadi” nya organisasi. Seperti berikut ini :
1.      Penyedia : yang menyediakan barang dagangan.
2.      Pelanggan : yang membeli barang dagangan ( konsumen ).
3.      Pesaing : Lawan kerja artinya perusahaan yang menjual barang sama dengan yang kita jual.
4.      Modal : Uang awal usaha.
5.      Tenaga kerja : orang yang membantu proses pembuatan barang.
6.      Alat dan mesin : Alat membantu dalam proses pembuatan barang.
7.      Bahan baku : Bahan yang di gunakan untuk membuat barang.
8.      Sistem informasi : Sarana agar dagangan itu dapat di pasarkan.

·         Lingkungan Ekstern :

variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi dalam lingkungan kerja. Seperti berikut ini:
1.      Alam dan ekologi
2.      Politik
3.      Hukum
4.      Perekonomian
5.      Pendidikan dan tekhnologi
6.      Sosial dan budaya
7.      Demografi
8.      Hubungan Internasional




  1. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
Jawaban :
  • Sosial
Faktor yang mempengaruhi : kriminalitas.
  • Ekonomi
Faktor yang mempengaruhi : urbanisasi, pajak, pertambahan penduduk dan permintaan masyarakat, serta pengeluaran biaya untuk pertahanan negara.
  • Politik
Fakor yang mempengaruhi : pertahanan keamanan hukum keputusan dan transaksi perusahaan.
  • Etika Hukum
Faktor yang mempengaruhi : keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan.
  • Ekolofi/Fisik
Faktor yang mempengaruhi : pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran sampah awet.

  1. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED APPROACH
Jawaban :
            Producer oriented approach adalah produser yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar. barang yang di produksi lalu di jual ke konsumen dan konsumen dapat menikmati barang-barang (seller’s market )

Consumer oriented approach adalah konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya  membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen dari pasar. komsumen yang meminta barang ke produsen atau membeli barang langsung ke produsen ( buyer’s market ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar