Senin, 11 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-1

DEBBY CHINTYA AP (22213085)

NUNGKY RATNA A (26213576)

WINDA MERYETA P (29213324)


1.      JELASKAN APA YANG DIMAKSUD BISNIS MENURUT KELOMPOK ANDA DAN BERIKAN 20 CONTOH BISNIS NYATA (UNIVERSAL)
Jawaban:                                                                      

Menurut kelompok kami bisnis adalah suatu organisasi atau perusahaan yang berkegiatan untuk mencapai keuntungan dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
20 contoh bisnis :
·         Bisnis kecantikan seperti salon.
·         Bisnis kesehatan seperti rumah sakit, tempat pijat refleksi.
·         Bisnis pakaian seperti distro, matahari, butik.
·         Bisnis bahan bakar seperti pertamina
·         Bisnis elektronik seperti samsung, polytron, LG.
·         Bisnis kue seperti BreadTalk, J-CO
·         Bisnis rumah makan seperti D’COST, KFC, MCD
·         Bisnis susu seperti ultra, Indomilk, Dancow
·         Bisnis kosmetik seperti wardah cosmetic, pixy cosmetic, maybelline cosmetic
·         Bisnis toko buku seperti Gramedia, Intermedia
·         Bisnis otomotif seperti Toyota, Suzuki, Daihatsu
·         Bisnis travel seperti Damri
·         Bisnis accessoris seperti jam tangan, tas, kalung, gelang
·         Bisnis percetakan seperti fotocopy, scanning
·         Bisnis wisata seperti ciater, dufan, ancol
·         Bisnis asuransi seperti prudential
·         Bisnis jual beli online seperti tokobagus.com, berniaga.com
·         Bisnis cathering
·         Bisnis furniture seperti olympic
·         Bisnis perbankan seperti BCA, Mandiri, BRI

2.      JELASKAN MENGAPA ORANG BELAJAR BISNIS DAN JELASKAN MASING-MASING ALASAN TERSEBUT!
Jawaban:

Keuntungan belajar bisnis misalnya, jika pandai berbisnis seperti mennjual suatu barang, anda tentu mendapat untung, Seperti uang. Jika anda mendapat uang, maka bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan annda seperti jajan, belanja dan untuk membayar uang sekolah sendiri, atau bahkan untuk ditabung. Atau jika anda ingin melanjutkan bisnis anda, bisa untuk modal investasi anda dan lain-lain.
1.      Bisnis adalah Sarana Menuju Kebebasan Finansial.
Dalam bukunya CASHFLOW QUADRANT Robert T Kiyosaki telah menjelaskan panjang lebar mengapa kuadran kanan (B + I) lebih dianjurkan daripada kuadran kiri (E + S). Kuadran kanan beliau sebut sebagai kuadran kebebasan dan kuadran kiri beliau sebut sebagai kuadran keamanan.
2.      Semua peluang ada di sekitar kita tinggal seberapa kreatif dan beraninya kita.
Tidak adanya batasan ide dalam berbisnis membuat kita tidak kehabisan cara untuk mendapatkan income. Sangat berbeda jika kita ingin menjadi karyawan, kita harus sabar nunggu peluang dulu baru nantinya dapat income.
3.      Kita adalah Pemilik Dari Waktu Kita Sendiri
Kadang membayangkan betapa nikmatnya hidup tiap hari kerja tidak terikat waktu, apalagi kalau bisnis kita sudah solid, ditinggal tidur saja uang tetap mengalir terus ke kantong kita.
Sebagai karyawan kita harus berangkat pagi hari agar tidak terlambat absennya, mau tidur siang juga tidak bisa, mau jalan-jalan harus menunggu hari sabtu atau minggu, sepertinay bukan kita yang memiliki waktu tapi waktu yang memiliki dan mengendalikan kita.
Selain itu ada beberapa alasan mengapa kita harus berbisnis,yaitu
  1. Agar menghargai waktu dan kerja keras
  2. Agar mengerti apa arti resiko
  3. Agar berjiwa merdeka
  4. Agar menghargai silaturahim
  5. Agar  dapat mengelola anggaran dengan baik
  6. Belajar menjadi pemimpin
  7. Agar lebih bersyukur dan bersabar

3.      JELASKAN DENGAN 1 CONTOH NYATA (UNIVERSAL) MENGENAI HAKIKAT BISNIS!
Jawaban:
  • Hakikat Bisnis adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.
  • Hakikat bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Businessman (seorang pebisnis) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si pebinisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.
Dengan demikian, ada enam hakekat pentingnya Kewirausahaan, yaitu:
  • Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Ahmad Sanusi, 1994)
  • Kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan usaha (Soeharto Prawiro, 1997)
  • Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.
  • Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Drucker, 1959)
  • Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreatifitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha (Zimmerer, 1996)
  • Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.

4.      JELASKAN APA SAJA FAKTOR LINGKUNGAN  INTERNAL DAN EKSTERNAL BERIKAN ALASAN!
Jawaban:

  •         Lingkungan Internal
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
  •          Lingkungan Eksternal
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.

         A. LINGKUNGAN INTERNAL
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
  1. Tenaga kerja (Man)
  2. Modal (Money)
  3. Material / bahan baku (Material)
  4. Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
  5. Metode (Methods)
  6. Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
         B. LINGKUNGAN EKSTERNAL
         Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
  1. Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) 
  2. dan Threat (ancaman dari luar).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar